Content

Tips Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula.

Kamis, 02 Januari 2014
Mungkin bagi anda ada yang masih bingung dan bertanya-tanya mau beli kamera apa yang bagus, dikarenakan banyaknya varian dari jenis kamera DSLR. Daripada bingung yuk disimak tips berikut ini yang telah kami rangkum.
1. Kebutuhan Budget
Hitung dulu budget anda, namanya kamera yang khusus fotografi untuk hobi tidak akan ada batasnya lalu hal yang diutamakan adalah kebutuhan. Bagi pemula sebaiknya jangan memilih dan membeli kamera DSLR dengan budget yang terlalu mahal, cukup sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda untuk belajar fotografi. Disarankan untuk membeli kamera dengan harga standar dan fitur yang tidak terlalu rumit, sehingga dapat memudahkan anda dalam proses belajar fotografi. ketika anda sudah merasa mahir, silahkan pilih kamera yang lebih canggih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Sensor
Sensor dalam kamera terbagi menjadi 3 kategori, yaitu fullframe, APS-C dan Four-Thirds.
Sensor full frame artinya sensor kamera DSLR yang memiliki ukurannya sama dengan ukuran film pada kamera analog. Jadi apa yang terlihat di viewfinder, hasil fotonya akan sama seperti di viewfinder tanpa ada bagian yang ter-crop.

Kamera dengan sensor APS-C memiliki ukuran sensor yang cenderung lebih kecil. Resikonya adalah, akan ada beberapa bagian foto yang hilang atau dicrop karena ukuran gambar di sensor tidak sama seperti yang anda lihat di viewfinder. Keuntungan dari kamera ini adalah harganya yang murah dan body kamera yang terasa lebih ringan.

Kamera dengan sensor Four-Thirds, jenis ini sekarang paling populer saat ini. Dengan ukuran sensor yang lebih kecil dari sensor APS-C, maka ukuran body akan menjadi lebih kecil serta lebih ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan kualitas gambar yang dihasilkan pun tetap sama.

3. Resolusi Kamera
Jangan tertipu dengan resolusi kamera, resolusi itu adalah tingkat kerapatan titik-titik yang membentuk foto, umumnya kamera dengan resolusi 10 MP apapun jenisnya walau dicetak untuk ukuran banner pun tidak bakalan pecah-pecah detailnya. Kecuali anda mau membuat foto sebesar Billboard.

4. ISO
Fitur ini juga harus diperhatikan pada kamera DSLR untuk pemula. ISO sangat dibutuhkan untuk memotret pada kondisi cahaya minim atau di tempat gelap.

Iso mendeskripsikan kepekaan cahaya dari sensor. Nilai ISO tinggi di kamera berarti gambar yang dihasilkan akan terang. ISO tinggi sangat dipengaruhi juga oleh kualitas sensor kamera di DSLR dan juga fungsi noise reduction supaya hasil foto tetap berkualitas meskipun diambil di tempat yang minim cahaya.

Pada umumnya kamera DSLR bagi pemula tidak peka terhadap keadaan minim cahaya. Sebelum membeli, sebaiknya jangan terlalu fokus bahwa kamera harus mengambil gambar ditempat minim cahaya. Bila minim cahaya anda bisa menambahkan aksesories lampu flash.

5. Auto Fokus
Kehandalan, ketepatan dan kecepatan kamera melakukan autofokus terutama dalam cahaya rendah merupakan salah satu keunggulan kamera DSLR dibandingkan smartphone ataupun kamera pocket. Sebelum membeli kamera DSLR carilah info kamera yang mampu melakukan autofokus secara cepat dan juga memiliki titik AF yang banyak.

Baca Juga Perbedaan "Antara Canon EOS 650D, 600D dan 60D"

Sumber : Oktagon.co.id
Illustrasi Foto :

0 komentar:

Posting Komentar

Thank's for your visit to my personal blog, Please Leave Your Message in The Message Box / Chat Below...

My Blog List

  • Test Modified - Month Coverage (Qty Base) This Month Stock Quantity This Month Stock Value Last 3Month Moving Average Selling Out Qty Last 3Month Moving Average Selling O...
    6 tahun yang lalu
  • Bundavue Accessories - Banner / Property jualan BUNDAVUE Accessories Setelah sekian lama vacum dalam usaha jualan accessories, kini *BUNDAVUE Accessories* mencoba kembali usahany...
    7 tahun yang lalu